Jumat, 12 Oktober 2012

Bidang Spesialisasi Akuntansi

Diposting oleh Unknown di 20.31
Perkembangan dunia usaha yang semakin pesat mengakibatkan masalah2 yang dihadapi manajemen semakin komplek sehingga pada bidang2 tertentu perlu penanganan khusus. Sehubungan dengan kepentingan tsb timbul kekhususan pada bidang kegiatan kauntansi, antara lain :

1. Akuntansi Keuangan
    Sasaran obyek kegiatannya adalah transaksi keuangan yang sudah terjadi yang menyangkut perubahan aktiva, kewajiban dan ekuitas perusahaan.Tujuannya menyediakan laporan keuangan untuk kepentingan pihak intern perusahaan dan pihak2 ekstern.
2. Akuntansi Biaya
    Sasaran kegiatannya adalah transaksi keuangan yang berhubungan dengan biaya, terutama biaya2 yang berhubungan dengan pengolahan bahan baku menjadi produk jadi.Tujuannya menyediakan informasi biaya untuk kepentingan intern perusahaan.
3. Akuntansi Manajemen
    Kegiataanya berhubungan dengan pengumpulan dan pengolahan data historis dan data taksiiran.Tujuannya menyediakan data yang diperlukan manajemen dalam menjalankan kegiatan sehari-hari dan dalam penyusunan rencana kegiatan operasi di masa datang.
4. Akuntansi Pemeriksaan
    Kegiataanya berhubungan dengan pemeriksaan terhadap catatan hasil kegiatan akuntansi keuangan.Kegiataan akuntansi pemeriksaan lebih bersifat pengujian atas kelayakan laporan keuangan.
5. Akuntansi Perpajakan
    Berhubungan dengan penentuan obyek pajak yang menjadi tanggungan perusahaan serta penghitungannya,
6. Akuntansi Anggaran
    Berhubungan dengan pengumpulan dan pengolahan data operasi keuangan yang sudah terjadi serta taksiran kemungkinan yang akan terjadi.
7. Akuntansi Pemerintahan
    Kegiataanya berhubungan dengan masalah pemeriksaan keuangan negara.

0 komentar:

Posting Komentar

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info
 

Fadhilah Ilmu Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review