Minggu, 14 Oktober 2012

Jenis-jenis Bukti Transaksi

Diposting oleh Unknown di 13.53
    Berikut ini beberapa jenis bukti transaksi yang biasa digunakan sebagai sumber pencatatan akuntansi atau dijadikan sebagai pendukung atas bukti lainnya.
1. Kuitansi, ialah bukti transaksi penerimaan uang untuk pembayaran sesuatu.Oleh karena itu kuitansi dibuat dan ditandatangani oleh pihak yang mnerima uang dan diserahkan kepada pihak yang melakukan pembayaran.
2. Cek, ialah surat perintah kepada bank dari orang yang menandatanganinya, untuk membayarkan sejumlah uang yang tertulis dalam cek kepada pembawa atau kepada orang yang ditulis dalam cek.
3. Bilyet giro, ialah surat perintah dari nasabah suatu bank kepada bank yang bersangkutan untuk memindahbukukan sejumlah uang dari rekeningnya ke dalam rekening yang namanya tertulis dalam bilyet giro pada bank yang sama atau pada bank lain.
4. Faktur, ialah bukti transaksi pembelian atau penjualan barang dengan pembayaran kredit.
5. Nota kontan, ialah bukti transaksi pembelian atau penjualan tunai.
6. Nota kredit/debet, ialah bukti transaksi penerimaan kembali barang yang telah dijual secara kredit atau pengurangan harga faktur karena barang sebagian rusak atau kualitas yang tidak sesuai dengan pesanan.
7. Bukti memorila, ialah bukti transaksi intern dalam bentuk memo dari pejabat dalam perusahaan kepada bagian akuntansi, untuk emncatat suatu peristiwa atau keadaan yang sifatnya intern.

0 komentar:

Posting Komentar

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info
 

Fadhilah Ilmu Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review