Rabu, 03 Oktober 2012

Metode Pengumpulan Biaya Produksi Perusahaan Manufaktur

Diposting oleh Unknown di 20.06
   Metode pengumpulan biaya produksi yang digunakan dalam perusahaan manufaktur bergantung kepada karakterisitik produksi perusahaan yang bersangkutan. Dipandangan dari sudut karakeristik produksi, perbedaan perusahaan industri manufaktur adlah sbb :

1. Perusahaan yang membuat lebih dari satu jenis barang
    Produk yang dihasilkan terdiri atas berbagai jenis produk yang masing masing memiliki ciri ciri tersendiri.Misalnya dalam perusahaan mebel membuat meja, lemari, dan kursi.Setiap jenis mempunyai ciri ciri tersendiri yang berbeda dengan yang lainnya. Oleh karena itu baiay produksi yang digunakan untuk membuat setiap jenis produk harus dikumpulkan secara tersendiri. Metode pengumpulan biaya demikian disebut metode Harga Pokok Pesanan.
    Metode harga pokok pesanan adalah cara pengumpulan biaya produksi dimana biaya produksi untuk pembuatan tiap jenis atau unit produk dikumpulkan secara tersendiri, terpisah dari biaya produksi untuk pembuatan jenis atau unit produk lainnya.
2. Perusahaan yang membuat satu jenis barang
    Produksi dilakukan secara massal, artinya proses produksi menghasilkan produk yang sama, baik kualitas, ukuran maupun bentuk sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Biaya produksi tiap unit tentu sama antar satu dengan yang lain sehingga biaya produksi tidak perlu dikumpulkan untuk tiap unit tersendiri.
Metode pengumpulan biaya dmeikian disebut metode Harga Pokok Proses.
    Metode Harga Pokok Proses adalah cara pengumpualn biaya produksi dimana biaya biaya produksi dikumpulkan untuk satu periode tertentu, kemudian dibagikan sama rata kepada produk yang dihasilkan pada periode yang bersangkutan.

0 komentar:

Posting Komentar

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info
 

Fadhilah Ilmu Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review