Minggu, 14 Oktober 2012

Penyimpanan Bukti Transaksi

Diposting oleh Unknown di 13.43
    Bukti tansaksi yang telah dicatat dijadikan dokumen pencatatan.Artinya sebagai bukti yang menunjukan bahwa apa yang dicatat dalam catatan akuntansi adalah benar terjadi.Bukti transaksi sebagai dokumen pencatatan sangat penting artinya apabila pada saat dilakukan pemeriksaan diketahui adanya kesalahan pencatatan sehingga diperlukan penelusuran pada dokumen pencatatan yang berangkutan.Oleh karena itu diperlukan tempat penyimpanan yang khusus dan penataan yang teratur.
 
  Penyediaan tempat khusus dan penataan bukti transaksi sebagai file pada dasarnya bertujuan untuk mengamankan file secara fisik dan memudahkan penelusuran jika diperlukan.Untuk pengamanan file secara fisik biasanya perusahaan menyediakan map untuk berkas dan lemari arsip sebagai tempat menyimpan dokumen.Sementara untuk memudahkan penelusuran, dokumen pencatatan bisa dikelompokan menurut jenis bukti transaksi dan periode terjadinya.Misalnya pada bagian akuntansi bukti transaksi yang sudah dicatat diarsipkan dengan pengelompokan sbb :
1. Kelompok dokumen penjualan kredit, untuk arsip faktur penjualan
2. Kelompok dokumen pembelian kredit, untuk arsip faktur pembelian
3. Kelompok dokumen penerimaan kas, untuk arsip bukti-bukti transaksi penerimaan uang
4. Kelompok dokumen pengeluaran kas, untuk arsip bukti-bukti transaksi pengeluaran kas
5. Kelompok dokumen memorial, untuk arsip bukti transaksi lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info
 

Fadhilah Ilmu Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review